Implementasi Kurikulum Merdeka

Implementasi Kurikulum Merdeka

Mengenal Kurikulum Merdeka

Pengajaran sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik (teaching at the right level) adalah pendekatan pengajaran yang berpusat pada kesiapan belajar peserta didik, bukan hanya pada tingkatan kelas.

Nilai Merdeka Belajar dalam implementasi Kurikulum Merdeka berpusat pada kemampuan mandiri dan reflektif dalam pembelajaran.

Proses pembelajaran di Kurikulum Merdeka ditujukan untuk mewujudkan pembelajaran yang bersifat holistik dan kontekstual sehingga pembelajaran semakin bermanfaat dan bermakna bagi siswa, bukan hanya sekedar hafal materi saja.

Prinsip-prinsip pembelajaran yang tertuang dalam panduan-panduan Kurikulum Merdeka dapat digunakan sebagai rambu-rambu oleh Satuan Pendidikan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka berdasarkan tingkat kesiapan masing-masing.

Implementasi Kurikulum Merdeka, pada saat ini, tidak bersifat wajib. Sekolah diberi keleluasaan untuk memilih opsi kurikulum berdasarkan konteks kebutuhan dan tantangan yang dihadapi masing-masing.

Fase Perkembangan

Fase atau tingkatan perkembangan adalah capaian pembelajaran yang harus dicapai peserta didik, yang disesuaikan dengan karakteristik, potensi, serta kebutuhannya.

Fase dan Jenjang/ Kelas

  • Fase A: SD/MI (Kelas 1–2)
  • Fase B: SD/MI (Kelas 3–4)
  • Fase C: SD/MI (Kelas 5–6)
  • Fase D: SMP/MTs (Kelas 7–9)
  • Fase E: SMA/MA, SMK/MAK (Kelas 10)
  • Fase F: SMA/MA, SMK/MAK(Kelas 11–12)

Untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, pengorganisasian pembelajaran perlu diperbarui. Salah satu caranya adalah dengan mengatur pembagian kewenangan antara pemerintah pusat dan satuan pendidikan.

Kewenangan Pemerintah Pusat

  1. Struktur kurikulum
  2. Profil Pelajar Pancasila
  3. Capaian Pembelajaran
  4. Prinsip pembelajaran dan asesmen

Kewenangan Satuan Pendidikan

  1. Visi, misi, dan tujuan sekolah
  2. Kebijakan lokal terkait kurikulum
  3. Proses pembelajaran dan asesmen
  4. Pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan
  5. Pengembangan perangkat ajar

Sumber :

  1. https://guru.kemdikbud.go.id/tentang-kurikulum-merdeka
  2. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/14143000505881-Pengorganisasian-Pelaksanaan-Pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

slot5000 slot5000 login harum4d murah4d slotcc

agen5000

agen5000

live draw hk

toto macau

slot thailand

slot demo

slot mahjong

slot777

slot demo

slot demo

slot demo

slot demo

slot77

slot88

janji gacor

slot gacor

slot resmi

slot777

slot thailand

slot777

slot thailand

slot thailand

naga666

SLOT7000

SLOT7000

SLOT7000

SLOT7000

SLOT7000

RTP SLOT7000

RTP CIKA303

CIKA303

CIKA303

CIKA303

ERIGO4D

RTP ERIGO4D

ERIGO4D

erigo4d

erigo4d

CIKA4D

RTP CIKA4D

presidencc

presidencc

presidencc

slot online

slot gacor

intulingau

bola2289

  • slot777 gacor
  • slot777
  • slot-gacor-terbaru
  • slot-gacor-terbaru
  • slot-dana
  • slot777
  • slot777-server
  • https://slot-thailand.telukempening.opendesa.id/

    https://bonus.koni.klungkungkab.go.id/server-thailand/

    https://binangun-singgahan.desa.id/slot-thailand/

    slot thailand

    pesgslot

    adlvslot

    pisces88

    psgslot

    psgslot

    psgslot

    psgslot

    psgslot

    adlvslott

    adlvslott

    psgslot

    psgslot

    psgslot

    psgslot

    psgslot

    psgslot

    slot demo

    slot thailand

    slot resmi

    slot demo

    slot resmi

    server thailand

    adlvslot

    adlvslot

    adlvslot

    slot demo

    slot dana

    slot resmi

    adlvslot

    adlvslot

    tunas4d

    https://hide-ip-soft.com/

    slot pulsa

    https://slot.pn-karawang.go.id/

    Slot Thailand

    https://slot.tapinkab.go.id/